Oleh: niasulfiya | November 4, 2009

Presentasi Jaringan(Networking)

JARINGAN

NETWORKING

Networking adalah sebuah jaringan atau sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan  . untuk menyusun jaringan ini, diperlukan perencanaan dari jaringan yang dibangun yang disebut dengan topology .

Tujuan dari jaringan komputer adalah

  • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, memory, hardisk.     Komunikasi: contohnya email, instan messaging, chatting.
  • Akses informasi: contohnya web browsing
  • Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service).
  • Pihak yang meminta    ayanan   disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server).
  • Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

JENIS JENIS JARINGAN

  1. Klasifikasi berdasarkan skala
  2. Klasifikasi topologi
  3. Klasifikasi berdasarkan peranan & fungsi
  4. Klasifikasi berdasarkan infrastruktur
  • Klasifikasi berdasarkan skala

Ø LAN (Local Area Network): Merupakan suatu jaringan komputer milik pribadi di dalam satu areal tertentu yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain yang tidak begitu luas atau dengan jarak yang terbatas Misalnya: di areal kampus, laboratorium, warnet, kantor

Ø MAN (Metropolitan Area Network) : Merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

Ø WAN (Wide Area Network): Merupakan suatu jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas,seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

Ø WLAN (Wireless LAN): Merupakan suatu teknologi baru sebagai penambah dari fungsi jaringan LAN yang ada, sehingga pengguna tidak lagi dibatasi oleh kabel LAN untuk dapat masuk kedalam jaringan. Banyak sekali keuntungan yang diperoleh seperti mobilitas, fleksibilitas, produktivitas dan scalabilitas dan tentunya masih banyak keuntungan lainnya.

Ø Personal Area Network (PAN)

Ø     Campus Area Network (CAN)

Ø     Global Area Network (GAN)

  • KLASIFIKASI BERDASARKAN TOPOLOGI

Topologi jaringan adalah bagian yang menjelaskan hubungan antar komputer yang di bangun berdasarkan kegunaan, keterbatasan resource dan keterbatasan biaya. Berarti topologi jaringan yang ada bisa disesuaikan dengan keadaan di lapangan.
Topologi jaringan ada beberapa bentuk sebagai berikut:

Macam macam topologi jaringan

Topologi star

https://wiki.bridgew.edu/mediawiki/images/0/08/Star.gif

Topologi ini, menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll.

Pada gambar jelas terlihat satu hub berfungsi sebagai pusat penghubung komputer-komputer yang saling berhubungan.

Keuntungan:

  1. Memudahkan admin dalam mengelola jaringan
  2. Memudahkan dalam penambahan komputer atau terminal
  3. Kemudahan mendeteksi kerusakan dan kesalahan pada jaringan

Kekurangan:

  1. Pemborosan terhadap kabel
  2. Kontrol yang terpusat pada hub, terkadang jadi permasalahan kritis
  3. Jika terjadi kerusakan pada hub maka semua jaringan tidak akan bisa di gunakan.

Topologi Bus

http://unirowonline.files.wordpress.com/2008/05/bus_topo.gif?w=232&h=208

Topologi ini di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa.

Kekurangan:

  1. Kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data
  2. Jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi.

Tapi pada saat ini topologi ini di dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabal serat optik ( fiber optic) akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performanya.

 

Topologi Ring

http://www.brainbell.com/tutorials/Networking/images/01fig04.gif

Topologi ini adalah jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer yang terhubung kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke komputer lainnya, sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin.

Kelebihan:

Kabel yang digunakan bisa lebih dihemat.

Kekurangan:

Pengembangan jaringan akan menjadi susah karena setiap komputer akan saling terhubung.

 

Topologi Token Ring

tokenring.jpg image by telekomu

Topologi ini hampir sama dengan topologi ring akan tetapi pembuatannya lebih di sempurnakan. Bisa di lihat dari perbedaan gambar.
Didalam gambar jelas terlihat bagaimana pada token ring kable penghubung di buat menjadi lingkaran terlebih dahulu dan nantinya akan di buatkan terminal-terminal untuk masing-masing komputer dan perangkat lain.

Topologi Mesh

http://4.bp.blogspot.com/_ZCQYghnwf_w/SU-aUi2wrVI/AAAAAAAAABs/Rzow_wi5Je0/s320/mesh_topology.gif

Topologi jala atau mesh adalah sejenis topologi jaringan yang menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan ini adalah, jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Topologi ini selain kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

Topologi  Tree

http://iqbalsullivan.files.wordpress.com/2009/07/topologi-tree.png?w=212&h=320&h=252

Topologi pohon atau di sebut juga topologi hirarki (topologi bertingkat )merupakan topologi yang bisa di gunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat.

Pada gambar bisa kita lihat hubungan antar satu komputer dengan komputer lain merupakan percabangan dengan hirarki yang jelas.sentral pusat atau yang berada pada bagian paling atas merupakan sentral yang aktiv sedangkan sentral yang ada di bawahnya adalah sentral yang pasif.

  • KLASIFIKASI BERDASARKAN PERAN DAN FUNGSI

Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:

A. Peer to peer

Jaringan Peer to peer pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

 

B. Client Server

Jaringan Client-Server Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client.

Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server, sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client. Kesimpulannya pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

  • KLASIFIKASI BERDASARKAN INFRASTRUKTUR

A. Jaringan Berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini, untuk  menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

B. Jaringan Nirkabel (Wireless Network) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan

PROTOKOL JARINGAN

Protokol jaringan adalah suatu standart yang harus saling dimengerti oleh suatu  computer lain agar dapat saling berkomunikasi.

 

Macam Macam Protokol Jaringan

TCP/IP        : Merupakan protocol yang digunakan hampir seluruh  system operasi dan merupakan standart umum dari internet.

NetBIOS      : Protocol ini merupakan standart yang dikembangkan  oleh IB

AppleTalk  : Protocol ini berjalan pada system operasi Machintosh.

IPX                : Protocol yang digunakan oleh NetWare

NETBUI       : Protocol yang dikembangkan oleh Microsoft untuk system operasi Windows.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: